Selamat Datang di Blog ku, Enjoy in here | be a best person with physics | Jangan Lupa Isiin Buku Tamu nya yaak ^_^

Sabtu, 08 Januari 2011

Distribusi Maxwell-Boltzmann



Gas terdiri dari atom atau molekul. Atom-atom atau molekul tidak benar-benar berinteraksi dengan satu sama lain kecuali melalui tabrakan. Dalam banyak kasus, kita mungkin berpikir tentang gas sebagai koleksi bola bilyar kecil terbang melalui ruang, memukul satu sama lain lagi dan lagi. Bahkan jika kita berpikir bahwa semua atom atau molekul memiliki kecepatan yang sama untuk memulai dengan (walaupun kita tidak), tabrakan konstan akan menghasilkan kecepatan penyebaran banyak. Beberapa atom bisa memiliki kecepatan yang sangat tinggi, yang lain yang rendah.

download full materi Distribusi Maxwell-Boltzmann
READ MORE - Distribusi Maxwell-Boltzmann
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Materi Gerak Harmonik Sederhana



Gerak Harmonik Sederhana

1. Gaya Pemulih pada Gerak Harmonik Sederhana
a. Gaya Pemulih pada Pegas
b. Gaya Pemulih pada Ayunan Bandul Sederhana

2. Periode dan frekuensi

3. Simpangan, Kecepatan, Percepatan
a. Simpangan Gerak Harmonik Sederhanay
b. Kecepatan Gerak Harmonik Sederhana
c. Percepatan Gerak Harmonik SederhanaUntuk

4. Energi pada Gerak Harmonik Sederhana

download full materi Gerak Harmonik Sederhana
READ MORE - Materi Gerak Harmonik Sederhana
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Prinsip Kerja Laser



LASER

Kata LASER adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation, yang artinya perbesaran intensitas cahaya oleh pancaran terangsang. Kata kuncinya adalah “perbesaran” dan “pancaran terangsang” yang akan menjadi jelas kemudian. Dewasa ini, 30 tahun setelah ditemukan, kata laser telah menjadi perbendaharaan kata sehari-hari. Peralatan yang menggunakan komponen laser dapat ditemukan dimana-mana, seperti pembaca kode harga di kasir pasar swalayan, laserprinter, compact - disk player, pemandu pesawat jet dan pertunjukan laser dalam festival musik.

Laser merupakan sumber cahaya koheren yang monokromatik dan amat lurus. Cara kerjanya mencakup optika dan elektronika. Para ilmuwan biasa menggolongkannya dalam bidang elektronika kuantum. Sebetulnya laser merupakan perkembangan dari MASER, huruf M disini singkatan dari Microwave, artinya gelombang mikro. Cara kerja maser dan laser adalah sama, hanya saja mereka bekerja pada panjang gelombang yang berbeda. Laser bekerja pada spektrum infra merah sampai ultra ungu, sedangkan maser memancarkan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang yang jauh lebih panjang, sekitar 5 cm, lebih pendek sedikit dibandingkan dengan sinyal TV - UHF. Laser yang memancarkan sinar tampak disebut laser - optik.

Prinsip kerja laser

download full materi LASER
READ MORE - Prinsip Kerja Laser
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

ANALISIS VEKTOR



ANALISIS VEKTOR

Aljabar Vektor

Operasi vektor
Besaran yang memiliki nilai dan arah disebut dengan vektor. Contohnya adalah perpindahan, kecepatan, percepatan, gaya, dan momentum. Sementara itu, besaran yang hanya memiliki nilai tanpa arah disebut dengan skalar. Contohnya adalah massa, muatan, kerapatan, dan temperatur.

download full materi ANALISIS VEKTOR
READ MORE - ANALISIS VEKTOR
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

OSILOSKOP



Definisi Osiloskop

Osiloskop adalah alat ukur besaran listrik yang dapat memetakan sinyal listrik. Pada kebanyakan aplikasi, grafik yang ditampilkan memperlihatkan bagaimana sinyal berubah terhadap waktu.

Contoh beberapa kegunaan osiloskop :

• Mengukur besar tegangan listrik dan hubungannya terhadap waktu.

• Mengukur frekuensi sinyal yang berosilasi.

• Mengecek jalannya suatu sinyal pada sebuah rangkaian listrik.

• Membedakan arus AC dengan arus DC.

• Mengecek noise pada sebuah rangkaian listrik dan hubungannya terhadap waktu.

Osiloskop dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan cara kerjanya, yaitu: osiloskop analog dan osiloskop digital.

- Osiloskop analog menggunakan tegangan yang diukur untuk menggerakkan berkas electron dalam tabung gambar ke atas atau ke bawah sesuai dengan bentuk gelombang yang diukur. Pada layar osiloskop dapat langsung ditampilkan bentuk gelombang tersebut.

- Osiloskop digital mencuplik bentuk gelombang yang diukur dan dengan menggunakan ADC (Analog to Digital Converter) untuk mengubah besaran tegangan yang dicuplik menjadi besaran digital.

download full artikelnya disini

READ MORE - OSILOSKOP
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Nuklir untuk pengobatan ?



Kanker menjadi momok menakutkan bagi semua orang, tanpa kecuali. Siapa pun yang mendengar kata kanker akan khawatir dan takut. Kanker adalah tumor ganas yang masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Ironisnya, di negara berkembang, termasuk Indonesia, 80%-90% kasus kanker tidak dapat disembuhkan. Hal itu terjadi karena penderitanya baru berobat pada stadium lanjut. Padahal, semakin dini kanker diobati, semakin besar peluang kesembuhannya. Karena itu, deteksi dini penyakit kanker bisa membantu secara signifikan untuk mengurangi angka kematian akibat kanker. Banyak alat yang dikembangkan untuk tujuan pendeteksian dini tersebut, seperti CT-scan, MRI (magnetic resonance imaging), dan dalam kedokteran nuklir digunakanSPECT (single-photon emission computerized tomography), dan PET (positron emission tomography).

Nuklir untuk pengobatan, apa bisa?

download file nya disini



READ MORE - Nuklir untuk pengobatan ?
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
Buat temen-temen yang mungkin kesulitan dan ingin bertanya masalah pekerjaan rumah atau tugas nya, kita bisa SHARE disini :):) sebisa mungkin saya akan membantu :) silahkan Chat with me di Yahoo Messanger :):) Jangan sungkan ya, saya gak gigit koq :):)

Kontributor

Pengikut