Selamat Datang di Blog ku, Enjoy in here | be a best person with physics | Jangan Lupa Isiin Buku Tamu nya yaak ^_^

Senin, 18 April 2011

Magnetically Levitated (MagLev)



Dalam superkonduktor tidak terdapat hambatan yang menghalangi aliran muatan listrik. Oleh karena itu, tidak ada energi yang terbuang meskipun arus sangat besar. Elektromagnet yang menggunakan gulungan superkonduktor dapat menghasilkan medan magnet yang sangat kuat dan juga ekonomis. Di Fermilab dekat Chacigo, elekromagnet telah memberikan keuntungan bagi labolatoriumtersebut karena penggunaan listrik yang sebelumnya boros dan mahal menjadi murah dan efisien.
Aplikasi dari elektromagnet superkonduktor adalah penemuan kendaraan maglev atau "magnetically levitated".
Pada gambar diperlihatkan bentu dari kendaraan maglev. Maglev memanfaatkan komponen superkonduktor dan medan magnet. Kendaraan ini akan bergerak sekitar 6 inci atau 15cm di atas rel.
READ MORE - Magnetically Levitated (MagLev)
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Kapasitansi Kapasitor dan Keyboard



Sepuluh atau lima belas tahun yang lalu, kapasitansi kapasitor sebesar 1 µF adalah hal biasa. Sekarang ada kapasitor yang kapasitansinya 1 F atau 2 F. Secara fisik bentuknya kecil, hanya beberapa centimeter. Contohnya, pada rangkaian power supply di komputer atau VCR yang digunakan untuk mengatur waktu dan penanggalan.Kapasitor digunakan karena dapat mengganti peran baterai bahkan 100000 kali lebih baik sehingga waktu dan tanggal yang tertera tidak akan mengalami kesalahan. Bagaimanakah cara mebuat kapasitor dengan kapasitas yang besar ? Caranya adalah dengan menggunakan bahan karbon yang memiliki daya serap tinggi sehingga akan mengakibatkan luas plat menjadi besar. Sepersepuluh gram karbon memiliki luas area 100 m2. Selanjutnya, terdapat muatan yang besarnya sama, tetapi berlawanan dimana muatan positif berada di plat karbon dan muatan negatif berada di plat sama sulfur dengan jarak sekitar 10^-9 m sehingga besar kapasitansi dari 0,1 gr karbon adalah 0,885 F.
Keyboard pada komputer juga menggunakan konsep kapasitansi kapasitor.

Setiap tombol dihubungkan dengan plat bagian atas kapasitor. Ketika plat bagian atas ditekan, mengakibatkan jarak kapasitor berkurang sehingga akan meningkatkan kapasitansinya. Perubahan kapasitansi ini akan menjadi sinyal listrik sehingga akan terdeteksi oleh rangkaian listrik dalam komputer.
READ MORE - Kapasitansi Kapasitor dan Keyboard
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Berupa Apakah Inti Bumi Itu ?



Gelombang transversal dan gelombang longitudinal dihasilkan ketika terjadi getaran gempa Bumi. Gelombang transversal bergerak di dalam kerak Bumi dan disebut sebagai gelombang S. Adapun gelombang longitudinal disebut gelombang P. Kedua gelombang tersebut (gel transversal dan gel longitudinal) dapat bergerak dalam zat padat. Hal inidisebabkan atom atau molekul dalam zat padat bergetar dalam setiap posisi atom atau molekul. Akan tetapi, pada zat cair hanya gelombang longitudinal yang dapat menyebar. Hal ini karena sifat zat cair yang mengalir sehingga zat cair tidak dapat memberikan gaya balik yang dibutuhkan oleh gelombang transversal untuk bergetar. Gelombang transversal akan menghilang ketika zat cair berubah bentuk. Fakta inilah yang digunakan para ahli Geofisika untuk menyimpulkan bahwa inti Bumi adalah berupa cairan. Hal tersebut merupakan kesimpulan dari beberapa percobaan, yaitu ketika dua buah gelombang (longitudinal dan trasversal) dilewatkan pada inti Bumi, hanya gelombang longitudinal yang terdeteksi.
READ MORE - Berupa Apakah Inti Bumi Itu ?
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
Buat temen-temen yang mungkin kesulitan dan ingin bertanya masalah pekerjaan rumah atau tugas nya, kita bisa SHARE disini :):) sebisa mungkin saya akan membantu :) silahkan Chat with me di Yahoo Messanger :):) Jangan sungkan ya, saya gak gigit koq :):)

Kontributor

Pengikut