Selamat Datang di Blog ku, Enjoy in here | be a best person with physics | Jangan Lupa Isiin Buku Tamu nya yaak ^_^

Senin, 03 Januari 2011

KAPASITAS KALOR



Kapasitas kalor adalah banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda sebesar 1 derajat celcius. Perkataan “kapasitas” dapat memberikan pengertian yang menyesatkan karena perkataan tersebut menyarankan pernyataan “ banyaknya kalor yang dapat dipegang oleh sebuah benda” yang merupakan pernyataan yang pada pokoknya tidak berarti, sedangkan yang artinya sebenarnya dengan perkataan tersebut hanyalah tenaga yang harus ditambahkan sebagai kalor untuk menaikkan temperatur benda sebanyak satu derajat.

Alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kalor yang terlibat dalam suatu perubahan atau reaksi kimia disebut kalorimeter. Kalorimeter yang biasa digunakan di laboraturium fisika sekolah berbentuk bejana biasanya silinder dan terbuat dari logam misalnya tembaga atau aluminium dengan ukuran 75 mm x 50 mm (garis tengah). Bejana ini dilengkapi dengan alat pengaduk dan diletakkan di dalam bejana yang lebih besar yang disebut mantel. Mantel tersebut berguna untuk mengurangi hilangnya kalor karena konveksi dan konduksi.

Download file .doc nya disini
READ MORE - KAPASITAS KALOR
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

RADIOAKTIVITAS



Penemuan Sinar Radioaktif

Henry Becquerel (1852-1908) seorang ahli fisika prancis mengamati suatu gejala dimana pelat potret yang ia miliki disimpan bersama-sama dengan berbagai senyawa-senyawa unsur dalam sebuah lemari kerjanya. Ternyata, pelat potret tersebut menjadi berbintik-bintik hitam. Seperti terkena cahaya, walaupun pelat potret telah dibungkus rapat. Setelah menyelidiki senyawa-senyawa unsur yang ia simpan bersama pelat potret tersebut, Becquerel memperoleh suatu kepastian bahwa pelat potret tersebut tersimpan bersama dengan senyawa unsur uranium.

Dua tahun kemudian, yakni tahun 1898, suami istri Piere Curie (1859-1906) dari prancis Marie Curie (1867-1934) dari Polandia berhasil membuktikan bahwa sinar Becquerel berasal dari atom uranium, bukan senyawanya. Dalam penelitiannya, mereka juga menemukan bahwa polonium dan radium juga menghasilkan sinar Becquerel dengan intensitas yang lebih kuat. Kemudian, para ahli memutuskan bahwa unsur yang memancarkan radiasi dari dirinya sendiri disebut unsur radioaktif. Adapun sinar atau partikel yang dipancarkan oleh unsur radioaktif disebut sinar radioaktif.

Unsur radioaktif ada di alam, seperti uranuim, polonium, dan radium yang disebut sebagai radioaktif alam.

download file .doc nya disini
READ MORE - RADIOAKTIVITAS
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

ZAT PADAT



Suatu zat yang tampil sebagai zat padat, tetapi tidak mempunyai struktur kristal yang berkembangbiak disebut amorf (tanpa bentuk). Ter dan kaca merupakan zat padat semacam itu. Tak seperti zat pada kristal, zat amorf tidak mempunyai titik-titik leleh tertentu yang tepat. Sebaliknya zat amorf melunak secara bertahap bila dipanasi dan meleleh dalam suatu jangka temperatur.

Sifat sifat zat padat bergantung pada jenis atom penyusunnya dan Struktur materialnya. Berdasarkan struktur atom dalam zat padat dikenal dua macam zat padat, yaitu kristal dan amorf.

Kristal :

Molekulnya tersusun secara berulang dan teratur dalam rantai yang panjang. Kristal adalah benda padat yang mempunyai permukaan-permukaan datar. Karena banyak zat padat seperti garam, kuarsa, dan salju ada dalam bentuk-bentuk yang jelas simetris, telah lama para ilmuwan menduga bahwa atom, ion ataupun molekul zat pdat ini juga tersusun secara simetris.

Amorf :

Molekulnya tersusun dengan keteraturan yang pendek. Contoh : Gelas, plastik dll.

Download filenya disini


READ MORE - ZAT PADAT
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Reaktor Nuklir



Reaktor Nuklir

Reaktor Nuklir atau reactor atom adalah suatu alat untuk mengendalikan reaksi fisi berantai dan sekaligus menjaga kesinambungan reaksi itu. . Sebuah reaktor merupakan sumber energi yang efisien.

Jadi secara umum reaktor nuklir adalah tempat berlangsungnya reaksi nuklir yang terkendali. Untuk mengendalikan operasi dan menghentikannya digunakan bahan penyerap neutron yang disebut batang kendali.

Jenis reaktor nuklir dibedakan berdasarkan besarnya energi kinetik neutron yang merupakan faktor utama dalam reaksi fisi berantai, yaitu reaktor neutron panas, reaktor neutron cepat dan lain-lain. Berdasarkan jenis materi yang digunakan sebagai moderator dan pendingin, reaktor diklasifikasikan menjadi reaktor air ringan, reaktor air berat, reaktor grafit dan lain-lain. Berdasarkan tujuannya, diklasifikasikan menjadi reaktor riset, reaktor uji material, reaktor daya dan lain-lain.

Macam reaktor dibedakan berdasarkan kegunaan, tenaga neutron dan nama komponen serta Reaktor daya yaitu reaktor yang dapat menghasilkan energi listrik.


download filenya disini
READ MORE - Reaktor Nuklir
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

Reaksi Inti



Reaksi inti adalah interaksi antara partikel penembak (proyektil) yang terdiri atas partikel elementer, seperti foton,neutron dan inti multinukleon dengan satu inti target. Reaksi tersebut dapat berupa penghamburan proyektil atau eksitasi inti target yang diikuti oleh transformasi inti menjadi inti lain dengan cara menangkap atau melepaskan partikel.

Persamaan Reaksi Inti:


Q : kalor (joule)
X : Inti sasaran
Y : Inti baru
a : Partikel penembak
b : Partikel yang dihasilkan bersama inti baru

Download filenya disini

READ MORE - Reaksi Inti
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
Buat temen-temen yang mungkin kesulitan dan ingin bertanya masalah pekerjaan rumah atau tugas nya, kita bisa SHARE disini :):) sebisa mungkin saya akan membantu :) silahkan Chat with me di Yahoo Messanger :):) Jangan sungkan ya, saya gak gigit koq :):)

Kontributor

Pengikut