Selamat Datang di Blog ku, Enjoy in here | be a best person with physics | Jangan Lupa Isiin Buku Tamu nya yaak ^_^

Senin, 20 Juni 2011

Daya



Pernahkah kamu memperhatikan pekerja gudang beras yang selalu menurunkan beras dari truk dan memindahkannya ke gudang? Apabila setiap pekerja memindahkan 30 karung beras yang beratnya masing-masing 20 N secara satu per satu pada jarak 5 meter, maka usaha setiap pekerja adalah :
W=30 ( gaya x perpindahan)
=30 x ( 20 N x 5 m)
=3000 Nm atau 3000 joule
Bagaimana jika pekerja A memindahkan 30 karung beras dalam waktu 60 detik, sedangkan pekerja B dalam waktu 90 detik? Kecepatan melakukan usaha dari kedua pekerja tersebut berbeda. Usaha yang dilakukan oleh pekerja A lebih cepat daripada pekerja B. Kecepatan melakukan usaha disebut dengan daya.

Secara metematis, daya dirumuskan.
P= W/t
Dengan :
P = daya (watt)
W = usaha (joule)
t = waktu (sekon)
berdasarkan persamaan di atas, pekerja A memiliki daya sebesar:
P= W/t= (3000 J)/(60 s)=50 watt
Sedangkan daya pekerja B adalah :
P= W/t= (3000 J)/(90 s)=33.3 watt
Makin cepat waktu yang diperlukan dalam melakukan usaha, semakin besar daya yang dihasilkan.
Pernahkah kamu membaca tulisan yang tertera pada lampu listrik dirumahmu? Pada lampu tertulis 5 watt, 10 watt, dan seterusnya. Apa artinya? Lampu dengan daya 5 watt, artinya setiap detik lampu melakukan usaha dengan menggunakan energi listrik sebesarb5 joule. Selain pada lampu, besaran daya juga sering digunakan dalam alat-alat, seperti pada solder listrik, pemanas air listrik (heater water), alat penanak nasi listrik ( rice cooker) , mobil, dan motor listrik.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Buat temen-temen yang mungkin kesulitan dan ingin bertanya masalah pekerjaan rumah atau tugas nya, kita bisa SHARE disini :):) sebisa mungkin saya akan membantu :) silahkan Chat with me di Yahoo Messanger :):) Jangan sungkan ya, saya gak gigit koq :):)

Kontributor

Pengikut