Selamat Datang di Blog ku, Enjoy in here | be a best person with physics | Jangan Lupa Isiin Buku Tamu nya yaak ^_^

Kamis, 06 Januari 2011

Laboratorium Analisis Radioaktivitas Lingkungan



Laboratorium Analisis Radioaktivitas Lingkungan (ARL) merupakan laboratorium yang pengelolaannya berada di bawah bidang Keselamatan dan Kesehatan. Kegiatan laboratorium ini adalah melakukan pengukuran dan analisis radioaktivitas berbagai macam sampel lingkungan, meliputi tanah, rumput, lumpur, air, udara, dan material padat lainnya. Hal ini dilakukan untuk menunjang kegiatan pemantauan keselamatan radiasi dari fasilitas nuklir maupun radiasi lingkungan.

Peralatan yang dimiliki oleh Laboratorium ARL adalah pencacah radiasi alfa - beta dan spektrometer gamma. Kedua peralatan ini digunakan untuk deteksi dan pengukuran radiasi alfa, beta dan gamma untuk berbagai jenis cuplikan.

1. Pencacah alfa - beta

Pencacah alfa – beta digunakan dalam pengukuran radioaktivitas cuplikan dalam bentuk filter berdasarkan gross radiasi alfa dan beta yang dipancarkan. Peralatan yang digunakan adalah isolo dengan detektor jenis silikon padat yaitu Passivated Implanted Planar Silicon (PIPS) produksi Canberra.

i-solo

Dengan pencacah alfa - beta yang dimiliki, Laboratorium ARL dapat melakukan:

  • Analisis radioaktivitas udara sampling-udara
  • Analisis radioaktivitas air
  • Analisis kontaminasi permukaan



2. Spektrometer gamma

Spektrometer gamma digunakan untuk mengukur konsentrasi radionuklida didasarkan pada sinar gamma yang dipancarkan. Spektrometer gamma lab ARL menggunakan detektor kristal Germanium kemurnian tinggi (HPGe) berbentuk koaksial tipe CPVDS30-30215 diproduksi oleh Tennelec. Detektor germanium ini meliliki volume kristal 121,6026 cc dengan FWHM 1,87 keV dan efisiensi 30% untuk energi 60Co 1,332 keV relatif terhadap detektor NaI(Tl) 3x3 inchi.

hpge

Dengan spektrometer gamma yang dimiliki, Laboratorium ARL dapat melakukan:

  • Analisis uranium, radium, thorium, kalium di tanah, batuan, dan sedimen
  • Analisis radon di udara, tanah dan batuan
  • Analisis nuklida kontaminan (exp. Cs-137, Co-60) di air, tanah, tanaman dan makanan

Analisis radioaktivitas dengan metode spektrometri gamma yang dimiliki oleh Laboratorium ARL telah mendapatkan akreditasi SB 77-0003-80:2007 (ISO/IEC 17025:2005) oleh Komisi Standardisasi BATAN.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Buat temen-temen yang mungkin kesulitan dan ingin bertanya masalah pekerjaan rumah atau tugas nya, kita bisa SHARE disini :):) sebisa mungkin saya akan membantu :) silahkan Chat with me di Yahoo Messanger :):) Jangan sungkan ya, saya gak gigit koq :):)

Kontributor

Pengikut