Selamat Datang di Blog ku, Enjoy in here | be a best person with physics | Jangan Lupa Isiin Buku Tamu nya yaak ^_^

Rabu, 09 Februari 2011

Fisika Kuantum Undercover



>>> Fisika kuantum mempelajari struktur dasar materi (fundamental element). Yaitu mempelajari susunan atom dan struktur pembentuk atom. Disebut kuantum karena dari kata dasar quanta/quantised = terukur. Maksudnya mempelajari ukuran-ukuran / nilai-nilai / sifat-sifat dasar dari "bahan" pembentuk "materi". Mulai dari massa atom, proton, neutron, elektron sampai yang dianggap terkecil saat ini adalah quark sebagai "bahan" penyusun proton, neutron maupun elektron. Tidak hanya nilai massanya saja yang dipelajari, tetapi juga orbitnya, spin-nya, weak-force, gravitasi, sifat gelombang elektromagnetnya, dll. Biasanya yang mempelajari fisika quantum adalah fisikawan murni. Namun kebanyakan ilmuan sains dan teknik tingkat lanjut juga mempelajarinya.

>>> Fisika kuantum merupakan fisika untuk alam mikro (sistem fisis berdimensi atomik, sub-atomik), Fisika Kuantum diperlukan karena untuk fenomena fisis mikro tersebut, telaahnya lagi memuaskan bila menggunakan teori fisika klasik (mekanika Newton). Fisika kuantum merupakan landasan untuk memahami Fisika Zat Padat dan Fisika Inti.

Fisika kuantum adalah menyangkut sifat-sifat fisis sistem mikroskopis seperti yang ada pada bidang zat padat, fisika inti, fisika laser, fisika semikonduktor dll. Fisika Kuantum mutlak diperlukan oleh karena penelusuran fenomena fisis yang melibatkan sistem berdimensi mikroskopis ini tidak lagi dapat dipecahkan dengan memuaskan hanya dengan pendekatan Fisika Klasik yang dilandasi oleh Mekanika Klasik/Newton. Sistem fisis mikroskopis yang dimaksudkan disini adalah sistem fisis berskala molekul, atomik, sub-atomik atau partikel atau mungkin lebih kecil lagi. yang biasa mempelajari fisika kuantum adalah orang-orang sains dan orang-orang teknik.

Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Buat temen-temen yang mungkin kesulitan dan ingin bertanya masalah pekerjaan rumah atau tugas nya, kita bisa SHARE disini :):) sebisa mungkin saya akan membantu :) silahkan Chat with me di Yahoo Messanger :):) Jangan sungkan ya, saya gak gigit koq :):)

Kontributor

Pengikut