Selamat Datang di Blog ku, Enjoy in here | be a best person with physics | Jangan Lupa Isiin Buku Tamu nya yaak ^_^

Senin, 03 Januari 2011

RADIOAKTIVITAS



Penemuan Sinar Radioaktif

Henry Becquerel (1852-1908) seorang ahli fisika prancis mengamati suatu gejala dimana pelat potret yang ia miliki disimpan bersama-sama dengan berbagai senyawa-senyawa unsur dalam sebuah lemari kerjanya. Ternyata, pelat potret tersebut menjadi berbintik-bintik hitam. Seperti terkena cahaya, walaupun pelat potret telah dibungkus rapat. Setelah menyelidiki senyawa-senyawa unsur yang ia simpan bersama pelat potret tersebut, Becquerel memperoleh suatu kepastian bahwa pelat potret tersebut tersimpan bersama dengan senyawa unsur uranium.

Dua tahun kemudian, yakni tahun 1898, suami istri Piere Curie (1859-1906) dari prancis Marie Curie (1867-1934) dari Polandia berhasil membuktikan bahwa sinar Becquerel berasal dari atom uranium, bukan senyawanya. Dalam penelitiannya, mereka juga menemukan bahwa polonium dan radium juga menghasilkan sinar Becquerel dengan intensitas yang lebih kuat. Kemudian, para ahli memutuskan bahwa unsur yang memancarkan radiasi dari dirinya sendiri disebut unsur radioaktif. Adapun sinar atau partikel yang dipancarkan oleh unsur radioaktif disebut sinar radioaktif.

Unsur radioaktif ada di alam, seperti uranuim, polonium, dan radium yang disebut sebagai radioaktif alam.

download file .doc nya disini
Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Buat temen-temen yang mungkin kesulitan dan ingin bertanya masalah pekerjaan rumah atau tugas nya, kita bisa SHARE disini :):) sebisa mungkin saya akan membantu :) silahkan Chat with me di Yahoo Messanger :):) Jangan sungkan ya, saya gak gigit koq :):)

Kontributor

Pengikut