Selamat Datang di Blog ku, Enjoy in here | be a best person with physics | Jangan Lupa Isiin Buku Tamu nya yaak ^_^

Senin, 03 Januari 2011

STRUKTUR ATOM



Segala sesuatu yang ada di alam terdiri atas materi, yang bentuknya bermacam-macam. Tiap materi tersusun atas unsur dan tiap unsur tersusun atas atom. Atom adalah bagian terkecil dari unsur. Jika diteliti lebih dalam lagi, atom terdiri atas elektron, neutron, dan proton. Teori atom mengalami perkembangan dari masa ke masa. Istilah atom pertama kali diperkenalkan oleh filsuf Yunani bernama Demokritus. Atom berasal dari kata ”atomos” yang berarti tidak dapat dibagi. Atom terdiri atas proton dan neutron serta sejumlah elektron pada jarak yang agak jauh. Munculah anggapan bahwa elektron berputar mengelilingi inti sebagaimana planet mengelilingi matahari. Tetapi, anggapan ini ditolak oleh teori elektromagnetik klasik. Alasannya adalah anggapan di atas bertentangan dengan keberadaan orbit yang mantap.

Untuk mengatasi kesulitan ini Neils Bohr pada tahun 1913 mengajukan gagasannya untuk memudahkan gambaran perilaku atom. Meskipun mengandung beberapa kelemahan, Neils Bohr memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan teori atom. Sejak akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 teori atom mengalami perkembangan yang sangat pesat, seiring semakin meningkatnya rasa keingintahuan manusia tentang hakikat atom. Tinjauan atom tidak lagi melalui tinjauan intuitif dan teoritis, tetapi sudah melalui proses pengamatan empiris dan dukungan tinjauan matematis yang hasilnya sangat mengagumkan.

Niels Bohr menerapkan teori kuantum terhadap model struktur atom Rutherford dengan mengasumsikan bahwa elektron-elektron bergerak pada orbit stasioner tertentu akibat adanya momentum angular elektron-elektron tersebut. Model atom ini memungkinkan para ilmuwan untuk menghitung tingkat energi yang mungkin untuk orbit-orbit ini dan menghasilkan sebuah postulat bahwa emisi cahaya terjadi ketika sebuah elektron berpindah ke orbit yang energinya lebih rendah.

Download file .doc disini


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

1 komentar:

Zeniar Rossa Pratiwi mengatakan...

waaaa nice article... hehe bantu gw banget ini buat presentasi kuliah sejarah fisika. thanks yaaa :)

Buat temen-temen yang mungkin kesulitan dan ingin bertanya masalah pekerjaan rumah atau tugas nya, kita bisa SHARE disini :):) sebisa mungkin saya akan membantu :) silahkan Chat with me di Yahoo Messanger :):) Jangan sungkan ya, saya gak gigit koq :):)

Kontributor

Pengikut